MONIMAN MALANGNYA NASIBMU

NAMANYA MONIMAN…..ENTAH KALI KE BERAPA SAYA MELIHATNYA DUDUK DI TROTOAR JALAN ITU, BARULAH SAYA MENYAPA DAN BERBINCANG DENGANNYA, KALA KEMBALI DARI SALAH SATU PUSAT PERBELANJAAN DI BANDUNG. SAAT ITU SAYA MENCOBA UNTUK MENDEKATINYA, KELIHATANNYA DIA BEGITU CANGGUNG BILA DI DEKATI OLEH ORANG ASING. HAL INI ANEH BAGI SAYA, PASALNYA MONIMAN SELALU BERTEMU DENGAN BANYAK ORANG DAN BERHARAP DARI BELAS KASIH ORANG LAIN SETIAP HARINYA, JADI AGAKNYA KECANGGUNGAN SEMACAM ITU RASANYA HAMPIR TIDAK ADA.KALA ITU SAYA MELIHAT KALENG TEMPAT IA MENYIMPAN UANG HANYA BERISI BEBERAPA KEPING UANG RECEH, MUNGKIN…. TAK SAMPAI RP. 1000 RUPIAH JUMLAHNYA PADAHAL WAKTU TELAH MENUNJUKKAN PUKUL 16.50. SAYA MENCOBA MENANYAKAN KEBERADAAN RUMAH DAN KELUARGANYA. KATANYA RUMAHNYA DI DESA SUKA JADI, SAYA SENDIRI TIDAK TAHU ALAMAT ITU KARENA SAYA BELUM SETAHUN BERADA DI BANDUNG JADI BELUM BEGITU MENGETAHUI DAERAH INI… KEMUDIAN SAYA TANYAKAN KEBERADAAN IBUNYA, JAWABNYA ; ” DI RUMAH “, LALU SAYA BERTANYA LAGI APA PEKERJAAN IBUNYA DAN APAKAH IA MEMILIKI SAUDARA, JAWABNYA ; ” MAMA DI RUMAH, GA KERJA APA – APA KOK, DAN SAYA LIMA BERSAUDARA “. KATANYA DIA ANAK TERAKHIR DI KELUARGANYA. TAPI ADA SATU PERTANYAAN YANG MEMBUAT SAYA SANGAT MIRIS MENDENGAR JAWABANNYA. SAYA BERTANYA DIMANA AYAHNYA, JAWABNYA; ” GA ADA “, BAHKAN IA MENGAKU TAK PERNAH MELIHAT AYAHNYA. ENTAHLAH, APAKAH SAYA HARUS PERCAYA PADA SEMUA JAWABANNYA KARENA SAYA PERKIRAKAN SAAT INI IA BARU BERUMUR 4 – 6 TAHUN, TERLALU KECIL UNTUK DAPAT MEMBERIKAN JAWABAN – JAWABAN YANG AKURAT. TAPI, SAYA MENCOBA UNTUK PERCAYA KARENA IA HAMPIR TAK PUNYA ALASAN UNTUK BERBOHONG. MUNGKIN YANG ADA DALAM PIKIRANNYA ADALAH BAGAIMANA BISA MENDAPATKAN UANG DAN BISA MEMBELI MAKANAN UNTUK HARI ITU. PUKUL 17.25 SAYA KEMBALI BERTANYA KEPADANYA, APAKAH HARI INI IA AKAN PULANG KE RUMAHNYA, JAWABNYA “IYA, JAM LIMA NANTI SAYA PULANG NAIK ANGKOT “. KALI INI SAYA TAHU PASTI JAWABANNYA SALAH, KARENA INI BUKAN KALI PERTAMA SAYA BERTEMU DENGANNYA DI TEMPAT ITU. PERNAH SUATU KETIKA, KIRA – KIRA PUKUL 21.30 SAYA MELIHATNYA TIDUR DI TROTOAR JALAN ITU. HAMPIR BISA DIPASTIKANNYA, SEORANG ANAK SEKECIL ITU MENGHABISKAN MALAMNYA DI TEPI JALAN, TIDUR TANPA ALAS, TANPA SELIMUT YANG MELINDUNGINYA DARI DINGINNYA MALAM. KEMANA ORANGTUANYA ?!, TIDAKKAH MEREKA MERASA KEHILANGAN SESEORANG YANG SEMESTINYA MEREKA CINTAI, LINDUNGI, KASIHI SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB MEREKA. MONIMAN SEBATANG KARA DAN SEPANJANG PERJALANAN PULANG SAYA MELIHAT BANYAK ANAK – ANAK LAIN SEUMURAN MONIMAN YANG BERNASIB SAMA DENGANNYA, MENGHARAP BELAS KASIH DARI ORANG LAIN DEMI SESUAP NASI. ENTAH BERAPA BANYAK JUMLAHNYA, YANG JELAS MEREKA BUTUH ULURAN TANGAN DARI PEMERINTAH DAN SELURUH ELEMEN MASYARAKAT. AGAR TAK ADA LAGI MONIMAN – MONIMAN BERIKUTNYA TAMPAKNYA PEMERINTAH HARUS LEBIH SERIUS MENANGANI HAL INI, BAIK MELALUI PEMBERIAN BANTUAN MAUPUN PENYULUHAN KEPADA MASYARAKAT TERUTAMA EKONOMI LEMAH AGAR DAPAT MENGIKUTI PROGRAM KELUARGA BERENCANA SUPAYA MEREKA MAMPU MEMBIAYAI KEHIDUPAN KELUARGANYA. BILA TERENCANA MUNGKIN HAL DEMIKIAN TIDAK AKAN TERJADI ATAU SETIDAKNYA DAPAT MEMINIMILASIR JUMLAH ANAK – ANAK TERLANTAR. SATU HAL YANG SANGAT BERARTI DARI CERITA KEHIDUPAN MONIMAN ADALAH ” TUHAN BEGITU BERMURAH HATI ” KEPADA ORANG – ORANG YANG BERKECUKUPAN, YANG BISA MAKAN DAN MENDAPATKAN APA YANG DIINGINKANNYA. SEPERTI ITULAH DUNIA , YANG JELAS KITA SEMUA PERCAYA, TUHAN PASTI MEMILIKI MAKSUD TERSENDIRI YANG TAK DIKETAHUI SIAPAPUN DI DUNIA, MENCIPTAKAN KITA BERANEKA RAGAM. TAPI KIRANYA TAK BISA KITA LUPAKAN BAHWA TUHAN MEMBERIKAN KEWAJIBAN KEPADA SETIAP UMAT MANUSIA UNTUK SALING TOLONG – MENOLONG DENGAN SESAMANYA. TAK ADA SALAHNYA JIKA KITA MEMULAI DARI DIRI SENDIRI, DENGAN BERUSAHA MENJADI ORANG “MAPAN” DALAM BERBAGAI SISI KEHIDUPAN AGAR KITA DAPAT MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK DIRI SENDIRI, KELUARGA, DAN TERUTAMA SESAMA. RUPANYA EKONOMI ADALAH PANGKAL MASALAHNYA, MEMANG TAK DAPAT DIPUNGKIRI, ORANG DAPAT MENCURI, MEMBUNUH DAN MELAKUKAN KEJAHATAN APAPUN HANYA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MEREKA. TAMPAKNYA KITA SEMUA, PEMERINTAH DAN MASYARAKAT HARUS BEKERJA KERAS DEMI MENINGKATKAN PEREKONOMIAN NEGERI INI AGAR MAMPU MEMBERIKAN KESEJAHTERAAN BAGI SEMUA WARGA NEGARA. DAN MUNGKIN ” ORANG – ORANG BERUNTUNG ” BISA LEBIH BERMURAH HATI KEPADA ORANG – ORANG SEPERTI MONIMAN YANG MEMERLUKAN ULURAN TANGAN MEREKA

Published in: on April 15, 2008 at 1:10 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://fristianhumalanggi.wordpress.com/2008/04/15/moniman-malangnya-nasibmu/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

